Sabtu, 24 November 2012

Sudah Menemukan Skema Permainan Tim, Djanur Mulai Puas



YANI (GM) - Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman mulai menemukan skema permainan yang akan digunakannya pada Liga Super Indonesia (LSI) 2013. Meskipun skema permainan bisa berubah dalam setiap laga, namun Djanur, sapaan akrab Djadjang menilai 4-4-2 memberikan hasil yang lebih baik. Terutama dalam hal produktivitas.
"Saya puas dari cara kerja anak-anak, enak sekali dilihat. Kalau soal gol kembali ke masalah konsentrasi. Bermain dengan pola 4-4-2, memang lebih produktif. Tiga gol kita ciptakan saat main dengan 4-4-2. Satu gol saat masuknya Asri, kita bermain ke dalam skema 4-2-3-1," kata Djanur kepada wartawan, Jumat (23/11).


Selain masalah produktivitas, dengan skema 4-4-2, strategi permainan yang mengandalkan aliran bola-bola pendek dan kombinasi pemain bisa berjalan sesuai instruksi. Salah satu contoh sudah diperlihatkan para pemain saat melakoni uji coba melawan Tangerang All Star di Stadion Galuh Ciamis, Kamis (22/11) dengan meraih kemenangan 4-1.


Eksperimen yang membuat puas Djanur dengan skema pilihannya tersebut, juga terlihat dari rotasi terhadap pemain. Saat melawan Tangerang All Star lalu, George Parfait Mbida Messi yang sebelumnya selalu beroperasi di sektor gelandang serang, diubah menjadi gelandang bertahan. Hasilnya permainan Messi menjadi lebih maksimal. Selain itu, menurut Djanur, Firman Utina bisa bermain dengan leluasa di posisi spesialisnya menjadi gelandang serang. 


"Saya mencoba Messi bertindak menjadi seorang gelandang bertahan. Ternyata Messi bisa bermain dengan baik. Perkembangannya pun Messi sudah semakin baik. Dribling, penguasaan bola lalu bobot tubuhnya mengalami perkembangan positif," ungkap Djanur.


Keseluruhan secara lini per lini, termasuk kinerja di lini belakang diakui Djanur sudah cukup memuaskan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Exercise Resistance Bands by Free Blogger Templates